Sabtu, 22 September 2018

WAKTUKU, NIKMAT BERHARGAKU


"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan beramal shaleh (mengerjakan kebajikan) serta saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran". (QS. Al-Asr : 1-3)

Allah senantiasa memberikan nikmat waktu kepada semua hamba-Nya. Waktu yang Allah berikan tidaklah berbeda. Setiap manusia diberi waktu 24 jam oleh Allah. Waktu tersebut harus kita atur sebaik mungkin agar tidak terjadi ketimpangan di kehidupan kita.

Contohnya saja jika kita seorang siswa ataupun mahasiswa. Kita juga diberikan waktu 24 jam oleh Allah sama seperti yang lainnya. Tapi bagaimana cara kita memanajemen waktu tersebut untuk hal-hal yang harus kita lakukan. Seorang siswa pastilah mempunyai waktu sekolah, anggap saja waktu sekolahnya dari jam 7 sampai jam 3 sore (jika full day school). Kita punya waktu 8 jam disekolah. Disekolah pastinya kita punya waktu belajar dan waktu istirahat. Diwaktu istirhat kita bisa menyisihkan waktu kita untuk mengisi perut dan jika mempunyai waktu lebih bisa kita manfaatkan untuk sholat dhuha jika istirahat seblum dzuhur. Jika saat sholat tiba haruslah kita memprioritaskan sholat terlebih dahulu. Sampai dirumah kita bisa istirahat sebentar dan jika ada tugas maka erjakanlah tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu.Jika waktu sudah menunjukkan jam istirahat malam, tidurlah jangan paksa badanmu. Jika kamu berniat untuk sholat tahajjud di sepertiga malammu itu lebih baik.

Begitu juga seorang mahasiswa. Seorang mahasiswa selain disibukkan dengan jadwal kuliah yang padat biasanya hari-harinya dipenuhi dengan jadwal organisasi yang memadat. Selain itu ada yang disibukkan dengan menulis laporan hasil praktikum yang menumpuk setiap pekannya.
Seseorang pernah berkata "manusia itu diberi waktu 24 jam, manfaatkanlah sebaik-baiknya. 8 jam untuk dunia, 8 jam untuk ibadah, 8 jam untuk istirahat".

memang jika kita pikirkan pernyataan tersebut ada benarnya juga, tapi disisi lain guru saya pernah berkata bahwa "Tidur itu tidak perlu sampai 8 jam, 6 jam saja cukup, gunakanlah waktu sepertiga malammu untuk beribadah kepada Allah"

Allah telah menurunkan surah Al-Asr dengan maksud agar manusia menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Rasululullah dan para sahabat di zaman Rasulullah menggunakan waktu luangnya dengan sebaik-baiknya dengan beribadah kepada Allah. Niatkan setiap waktumu hanya untuk beribadah kepada Allah sehingga insyaallah akan dicatat sebagai amalan oleh malaikat.

Tips untuk memanajemen waktu

  1. Jadwalkan setiap kegiatan yang kamu lakukan setiap hari
  2. Pilihlah kegitan prioritas
  3. bedakan antara penting, urgen dan tidak penting 
  4. Jika ada kegiatan yang mendadak usahakan jadwal yang kamu susun dapat terlaksana dengan mengaturnya kembali
  5. Sisihkan beberapa waktu untuk istirahat agar energimu kamu tidak terlalu terforsir
  6. Semangat 
Trimakasih, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar