Senin, 24 September 2018

JANGAN TINGGALKAN AKU


Al-Qur'an adalah kitab suci yang Allah turunkan untuk dijadikan peuntuk di doman bagi ummat Islam. Al-qur'an diwahyukan kepada Rasulullah SAW agar Rasulullah dapat menyampaikan isinya kepada seluruh ummatnya. Membaca al-qur'an memang bukan suatu kewajiban yang ditetapkan oleh Allah, tetapi sebagai seorang muslim haruslah kita membacanya dan mengerti apa yang disampaikan Allah di dalamnya agar diamalkan di kehidupan kita sehari-hari.

Allah sangat memuliakan orang yang membaca Al-qur'an sebagai mana Allah memuliakan Al-qur'an. Al-qur'an diturunkan pada tanggal 17 ramadhan, dan Allah memuliakan malam tersebut. Al-qur'an wahyukan kepada Rasulullah dan Allah muliakan pula Rasulullah. Al-qur'an adalah kitab suci yang mulia dan Allah dapat memuliakan pula apapun yang ada disekitanya.

Sebagai seorang muslim haruslah kita menyadari pentingnya membaca, mempelajari serta mengamalkan al-qur'an. Sudah seharusya kita memiliki prinsip 'Tidak ada hari tanpa Al-Qur'an'. Bacalah Al-qur'an meski sedikit. 

KEUTAMAAN MEMBACA ALQUR'AN

  • Membaca Al-qur'an Tidak Ada Kerugian Darinya 

   "Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim)

orang yang membaca al-qur'an dengan terbata-bata saja Allah berikan pahala kepadanya, bayangkan jika orang yang lancar membaca al-qur'an sudah pasti Allah limpahkan pahala kepadanya.


  • Mengetahui Kisah-Kisah Nabi dan Rasul Serta Tokoh-Tokoh yang Terkenal di Zaman dulu
Di dalam al-qur'an kita dapat menemukan kisah-kisah yang mungkin jarang dikenal oleh khalayak. Sebagai contoh adalah kisah Ashabul Uhdud atau Ashabul Kahfi. Serta cerita nasehat Luqman yang diberikan kepada anaknya. Dan banyak lagi lainnya.



  • Mengamalkan Kebaikan dan Ilmu yang Terdapat dalam Al-qur'an Mendapatkan Ganjaran oleh Allah
Orang yang membaca, mempelajari maknanya dan mengamalkan apa yang telah Allah sampaikan dalam Al-qur'an pasti mendapatkan oleh Allah. Allah tidak akan mengingkari janji semua kebaikan asti dibalas dengan pahala



  • Mendapatkan Syafa'at di Hari Akhir
Orang yang selalu membaca al-qur'an anpa melewatkannya sehari pun akan mendapatkan syafa'at di hari akhir



“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Saya pernah membaca sebuah kata-kata yang isinya seperti ini

"Luangkanlah waktumu untuk membaca Al-qur'an. Jika tidak bisa 1juz maka bacalah 1 lembar, jika tidak bisa membaca 1 lembar bacalah satu halaman, jika tidak bisa membaca 1 halaman bacalah 1 ayat, jika kamu tidak bisa membaca 1 ayat maka bercerminlah, apa yang salah darimu sehingga untuk membaca 1 ayat punkamu tidak bisa"

semoga setelah membaca artikel ini, kita semua dapat mengintrospeksi diri agar selalu dekat dengan al-qur'an

Syukron jazakumullah


1 komentar: